HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI KELURAHAN BAWEN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG


Anisah Ayu Sholihati , 6411412171 (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI KELURAHAN BAWEN KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Presentase pemberian ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan di Indonesia masih jauh dari target nasional. Hal ini dikarenakan masih banyak keengganan seorang ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Banyak faktor yang mempengaruhi keengganan ibu memberikan ASI eksklusif, salah satunya adalah dari dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif di Kelurahan Bawen Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Pada penelitian ini digunakan simple random sampling. Jumlah sampelnya adalah 43. Dari hasil penelitian ini didapatkan data responden sebanyak 4 orang (9,3%) tidak mendapat dukungan dari keluarga dan tidak memberikan ASI secara eksklusif,16 orang (37,2%) mendapat dukungan dari keluarga dan memberikan ASI secara eksklusif, serta 23 orang (53,5%) lainnya tidak memberikan ASI secara eksklusif meskipun mendapat dukungan dari keluarganya. Berdasarkan hasil uji Fisher menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif dengan p-value 0,279 (p>0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, ASI eksklusif
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:35
Last Modified: 06 Dec 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item