STUDI DESKRIPTIF SANITASI KANTIN DAN FASILITAS SANITASI DASAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR PADA WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016


Jony Saputra , 6411412163 (2016) STUDI DESKRIPTIF SANITASI KANTIN DAN FASILITAS SANITASI DASAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR PADA WILAYAH KERJA PUSKESMAS UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412163.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesehatan lingkungan sekolah bertujuan untuk meningkatkan, mewujudkan derajat kesehatan dan pengembangan siswa secara optimal. Apabila kondisi lingkungan sekolah tidak sehat maka akan dapat mengganggu proses belajar mengajar, begitu juga sebaliknya. Kondisi sanitasi sarana pendidikan di Puskesmas Ungaran yang memenuhi persyaratan kesehatan rata-rata 85,1 %, sedangkan sanitasi sarana pendidikan di wilayah kerja Puskesmas hanya 70,6%. Tujuan penelitian adalah menggambarkan sanitasi kantin dan fasilitas sanitasi dasar di lingkungan sekolah dasar pada wilayah kerja Puskesmas Ungaran. Jenis penelitian ini studi deskriptif kuantitatif dengan menerapkan teknik total sampling yaitu semua sekolah dasar yang terdapat di wilayah kerja Puskesmas Ungaran berjumlah 19 sekolah. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian ini adalah dari 9 variabel mengenai sanitasi kantin terdapat 7 variabel dengan >50% memenuhi syarat dan 2 variabel dengan ≤50% memenuhi syarat, serta dari 8 variabel mengenai fasilitas sanitasi dasar terdapat 6 variabel dengan >50% memenuhi syarat dan 2 variabel dengan ≤50% memenuhi syarat. Saran bagi sekolah menjaga fasilitas sanitasi kantin dan fasilitas sanitasi dasar yang ada disekolahnya masing-masing terutama tempat cuci tangan dan toilet serta melakukan evaluasi dan monitoring secara rutin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi kantin; fasilitas sanitasi dasar; sekolah dasar
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:26
Last Modified: 06 Dec 2017 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28146

Actions (login required)

View Item View Item