HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SANITASI LINGKUNGAN DAN HIGIENE PERORANGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA ANAK USIA 5-14 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MIROTO KOTA SEMARANG


Ni’ma Laelawati , 6411412150 (2016) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SANITASI LINGKUNGAN DAN HIGIENE PERORANGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA ANAK USIA 5-14 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MIROTO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Demam Tifoid merupakan penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh Salmonella typhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan faktor lingkungan (Sarana air bersih, kondisi sarana pembuangan tinja, kondisi tempat pembuangan sampah) dan Higiene perorangan (Kebiasaan mencuci tangan setelah BAB, kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, kebiasaan membeli makanan/minuman diluar rumah) dengan Kejadian Demam Tifoid di Wilayah Kerja Puskesmas Miroto Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus kontrol. Instrumen penelitian ini adalah Kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan rumus uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kondisi sarana pembuangan tinja (p=0,023), kebiasaan mencuci tangan sebelum makan (p=0,031), dan kebiasaan membeli makanan/minuman diluar rumah (p=0,010), dan tidak ada hubungan antara sarana air bersih (p=0,771), kondisi tempat pembuangan sampah (p=0,089), dan kebiasaan mencuci tangan setelah buang air besar (p=0,306) dengan kejadian Demam Tifoid. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini ialah masyarakat diharapkan meningkatkan kebiasaan mencuci tangan dan kebersihan lingkungan untuk mencegah Demam Tifoid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Demam Tifoid; Higiene Perorangan; Sanitasi Lingkungan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:13
Last Modified: 06 Dec 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item