HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APD MASKER, KEBIASAAN MEROKOK, DAN VOLUME KERTAS BEKAS DENGAN KEJADIAN ISPA (Studi Kasus di Sentra Pengepakan Kertas Bekas Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus)


Tri Retno Pujiani , 6411412148 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN APD MASKER, KEBIASAAN MEROKOK, DAN VOLUME KERTAS BEKAS DENGAN KEJADIAN ISPA (Studi Kasus di Sentra Pengepakan Kertas Bekas Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412148.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit saluran pernapasan atas atau bawah yang disebabkan agen infeksius. ISPA paling banyak terjadi di wilayah kerja puskesmas Jekulo Kabupaten Kudus dengan 4603 kasus kejadian. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan kejadian ISPA terus meningkat kasusnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan APD masker, kebiasaan merokok, dan volume kertas dengan kejadian ISPA pada pekerja di sentra pengepakan kertas bekas Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian adalah Cross sectional dengan populasi penelitian adalah seluruh pekerja laki-laki di sentra pengepakan kertas bekas Desa Terban dan sampel penelitian 67 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, lembar observasi serta pengukuran volume kertas. Hasil penelitian ini ada hubungan antara penggunaan APD masker (p=0,018), kebiasaan merokok (p=0,0001), dan volume kertas bekas (p=0,0001) dengan kejadian ISPA. Saran bagi pekerja agar menggunakan alat pelindung diri saat bekerja, tidak merokok, mengurangi jumlah tumpukan kertas bekas dan rutin periksa kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ISPA; pekerja; sentra pengepakan kertas bekas
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:09
Last Modified: 06 Dec 2017 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28142

Actions (login required)

View Item View Item