EFEKTIVITAS ALAT PERANGKAP (TRAPPING) NYAMUK VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN FERMENTASI SINGKONG SEBAGAI ATRAKTAN NYAMUK AEDES AEGYPTI


Khoiriyah , 6411412146 (2016) EFEKTIVITAS ALAT PERANGKAP (TRAPPING) NYAMUK VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN FERMENTASI SINGKONG SEBAGAI ATRAKTAN NYAMUK AEDES AEGYPTI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412146.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Nyamuk Aedes aegypti merupakan nyamuk vektor yang membawa virus dengue penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia baik bagi tenaga kesehatan maupun masyarakat. Pengendalian nyamuk Aedes aegypti salah satunya adalah pemasangan alat perangkap nyamuk (Trapping) dengan media atraktan. Atraktan dari bahan nabati salah satunya adalah dari jenis fermentasi gula atau glukosa karena menghasilkan senyawa etanol dan karbondioksida yang merupakan salah satu senyawa yang dapat menarik nyamuk. Salah satu bahan makanan yang mengandung banyak glukosa adalah singkong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas alat perangkap (trapping) nyamuk vektor demam berdarah dengue dengan fermentasi singkong sebagai atraktan nyamuk Aedes aegypti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan dengan empat konsentrasi fermentasi singkong sebesar 1:90 gram, 1:100 gram, 1:110 gram, dan 1:120 gram dengan lima kali pengulangan. Sampel berjumlah 750 ekor nyamuk Aedes aegypti . Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (One Way Anova) dengan tingkat kesalahan sebesar p<0.05. Hasil penelitian menunjukan bahwa fermentasi singkong memiliki kemampuan untuk menarik nyamuk Aedes aegypti.Berdasarkan uji one way anova terdapat perbedaan jumlah rata-rata penangkapan nyamuk Aedes aegypti pada setiap konsentrasi fermentasi singkong (p=0.011). Nilai LC50 fermentasi singkong adalah 101.600 gram dan LC90 adalah 251.689 gram singkong. Saran peneliti adalah masyarakat dapat mengaplikasikan alat perangkap nyamuk dengan fermentasi singkong dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan CO2 dalam fermentasi singkong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nyamuk Aedes aegypti, Atraktan, Fermentasi Singkong
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:06
Last Modified: 06 Dec 2017 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28141

Actions (login required)

View Item View Item