GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA DESA DENGAN STATUS ODF(Open Defecation Free) DI DESA GEBANGAN KECAMATAN PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015


Enik Sugiarti , 6411412145 (2016) GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA DESA DENGAN STATUS ODF(Open Defecation Free) DI DESA GEBANGAN KECAMATAN PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412145.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu pendekatan dan pradigma pembangunan kesehatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter yaitu melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). STBM merupakan suatu pendekatan yang dianut program Pamsimas, untuk meningkatkan PHBS, khususnya meningkatkan cakupan jamban keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran PHBS pada Desa dengan Status ODF di Desa Gebangan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara mendalam kepada warga Desa Gebangan, kemudian triangulasi kepada Petugas Sanitarian Puskesmas Pageruyung, Kepala Desa Gebangan, dan Bidan desa. Analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan statusnya yang ODF masih ada warga yang melakukan buang air besar sembarangan (BABS). Status ODF memberikan peningkatan terhadap akses air bersih warga yaitu sebesar 99,5 %, namun status ODF tidak memberikan pengaruh terhadap perilaku CTPS dengan hasil rekapitulasi PHBS sebesar 78,3 %. Saran bagi warga biasakan untuk berPHBS, mulai dari cuci tangan pakai sabun dan tidak buang air besar sembarangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHBS, ODF (Open Defecation Free), Sanitasi
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 12:02
Last Modified: 06 Dec 2017 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28140

Actions (login required)

View Item View Item