PENGGUNAAN MEDIA COC (CARIES ON CATALOG) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KARIES GIGI BALITA (Studi Kasus di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2016


Nurul Qomariah , 6411412134 (2016) PENGGUNAAN MEDIA COC (CARIES ON CATALOG) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU TENTANG KARIES GIGI BALITA (Studi Kasus di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412134.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data kesehatan gigi balita di Puskesmas Gunungpati tahun 2015 kejadian karies tertinggi yaitu di Kelurahan Gunungpati, dari 83 anak yang diperiksa 48 (57,8%) mengalami karies gigi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media COC (Caries On Catalog) dalam meningkatkan pengetahuan ibu. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan non randomized control group pretest-posttest design. Sampel sebanyak 32 yang diambil secara tidak acak. Kelompok eksperimen diberikan penyuluhan dengan media COC (Caries On Catalog) sedangkan kelompok kontrol dengan metode ceramah. Analisis data menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil analisis Uji T Tidak Berpasangan, didapatkan nilai p= 0,036 (p<0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Media COC (Caries On Catalog) berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang karies gigi balita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Balita, COC (Caries On Catalog), Ibu, Karies gigi balita, Pengetahuan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 11:57
Last Modified: 06 Dec 2017 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28138

Actions (login required)

View Item View Item