EVALUASI PENERAPAN SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DI PT RECKITT BENCKISER INDONESIA SEMARANG FACTORY DEPARTEMEN PRE PRODUKSI


Okta Amalia Putri , 6411412130 (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN AKTIF DI PT RECKITT BENCKISER INDONESIA SEMARANG FACTORY DEPARTEMEN PRE PRODUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem proteksi kebakaran aktif memberikan konstribusi besar dalam keberhasilan manajemen kebakaran. Namun sistem ini tidak akan bekerja sesuai dengan fungsinya apabila tidak diterapkan sistem manajemen kebakaran yang baik, meliputi: pencegahan, penanggulangan, dan rehabilitasi. Oleh karena itu perlu adanya gambaran penerapan sistem proteksi aktif dan tingkat kesesuaian dengan standar NFPA, SNI, Kepmen, dan Permenaker. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi evaluasi, teknik pengambilan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 32 poin yang dibahas, sebanyak 20 poin (62,5%) terpenuhi dan sesuai dengan standar dan 9 poin (28,1%) terpenuhi namun belum sesuai dengan standar, sedangkan 3 poin (9,4%) tidak terpenuhi. Saran yang direkomendasikan untuk perbaikan sistem proteksi kebakaran aktif departemen pre produksi antara lain: departemen HSE melakukan perbaikan panel kontrol, pintu pada lemari hidran, jarak APAR, melakukan training karyawan sesuai dengan standar NFPA, SNI, Kepmen, dan Permenaker.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebakaran, Proteksi Aktif
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 10:55
Last Modified: 06 Dec 2017 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item View Item