ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Universitas Dian Nuswantoro Semarang)


Putri Permatasari , 6411412120 (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 3 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Semarang (di Udinus). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Informan berjumlah 11 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai Udinus dan informan triangulasi yang berjumlah 3 orang yang terkait dengan pelaksanaan perda. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan grup diskusi dengan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi kebijakan ini belum berjalan secara maksimal. Dari enam (6) hal yang berpengaruh dalam pelaksanaan implementasi kebijakan, terdapat tiga hal yang belum berjalan secara maksimal sehingga menghambat pelaksanaan implementasi perda ini. Tiga hal tersebut adalah sumber daya kebijakan yang belum sepenuhnya terpenuhi, komunikasi yang kurang lancar antar organisasi, dan badan pelaksana kebijakan yang masih belum bersikap tegas. Saran bagi instansi terkait, memperbaiki komunikasi antar organisasi dalam pelaksanaan implementasi perda ini dan segera menerapkan komitmen yang tinggi terhadap pelaksanaan kawasan tanpa rokok (seperti pembuatan SK Kawasan Tanpa Rokok).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan; Perda Kota Semarang No 3 Tahun 2013; Kawasan Tanpa Rokok
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:16
Last Modified: 05 Dec 2017 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28134

Actions (login required)

View Item View Item