ANALISIS INPUT PROGRAM KELOMPOK PENDUKUNG IBU (KP-IBU) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ASI EKSKLUSIF DI DESA KEDUNGUTER KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Erna Ratnasari , 6411412110 (2016) ANALISIS INPUT PROGRAM KELOMPOK PENDUKUNG IBU (KP-IBU) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ASI EKSKLUSIF DI DESA KEDUNGUTER KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412110.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ASI merupakan makanan pertama, utama dan terbaik bagi bayi yang bersifat alamiah karena mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi serta dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit. Desa Kedunguter dalam 4 tahun berturut-turut memiliki angka prosentasi ASI Eksklusif paling rendah yaitu 0 %. Pembentukan Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu) merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat kesehatan gizi ibu dan bayi, termasuk dalam pemberian ASI secara eksklusif kepada bayi dari umur 0 hingga 6 bulan. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan studi deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam program KP-Ibu yaitu masih terdapat tenaga pelaksana KP-Ibu yang belum mendapatkan pelatihan, dana tidak turun secara rutin, metode belum sesuai standar, sarana dan prasarana belum menunjang. Perencanaan belum sesuai dengan Pedoman Motivator Menyusui. Pengorganisasian, pemantauan dan evaluasi belum sesuai ketentuan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Simpulan penelitian analisis input program kelompok pendukung ibu (KP-ibu) sebagai upaya meningkatkan ASI Eksklusif di Desa Kedunguter Brebes belum sesuai pedoman. Saran yang diajukan adalah puskesmas memberikan pelatihan, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan terhadap motivator menyusui.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ASI Eksklusif; input; Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu).
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Dec 2017 11:02
Last Modified: 05 Dec 2017 11:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28130

Actions (login required)

View Item View Item