ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG PENGENDALIAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU


Rizky Fadilah Novalia , 6411412107 (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA SEMARANG NOMOR 5 TAHUN 2010 TENTANG PENGENDALIAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Puskesmas Kedungmundu pada awal pembentukan Perda DBD tahun 2010 - 2011 mengalami penurunan, sedangkan dari tahun 2012 - 2015 mengalami peningkatan cukup drastis dikarenakan sumberdaya manusia yang terbatas, serta masyarakat yang kurang pertisipatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi kebijakan pengendalian DBD di Puskesmas Kedungmundu. Penelitian menggunakan metode kualitatif. informan utama berjumlah 4 orang yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dan 4 informan triangulasi. Pengambilan data menggunakan instrument berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan DBD di Puskesmas Kedungmundu belum berjalan maksimal. Standar dan tujuan yang sudah jelas, sumberdaya manusia yang belum cukup, sarana prasarana maupun dana sudah memadai, komunikasi antar organisasi yang sudah baik, lingkungan masyarakat yang kurang mendukung, sikap pelaksana yang kurang tegas. Saran bagi instansi terkait yaitu perlunya ketegasan dalam pelaksanaan pengendalian Demam Berdarah Dengue.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Demam Berdarah Dengue, Puskesmas
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Dec 2017 10:58
Last Modified: 05 Dec 2017 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item View Item