PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN


Noor Izzah, 4401411005 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (673kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan ladang bagi siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas dan pembangunan karakter yang memadai guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bermartabat. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, terdapat permasalahan kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab siswa. Selain itu, diperoleh data yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan tahun 2014, hanya terdapat 3% siswa yang memenuhi KKM yaitu 78. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter siswa dan kemampuan memecahkan masalah dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Pati pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA, sedangkan sampel adalah siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data karakter siswa dan data kemampuan memecahkan masalah dilakukan dengan observasi. Selanjutnya, nilai hasil observasi dikategorikan kedalam kriteria yang telah ditentukan. Data pendukung berupa hasil belajar siswa diambil dengan metode tes dan dianalisis menggunakan uji N-Gain dan ketercapaian KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai karakter siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Rerata nilai kemampuan memecahkan masalah siswa termasuk dalam kategori baik. Data pendukung berupa hasil belajar menunjukkan hasil bahwa 92% siswa termasuk dalam kategori gain sedang-tinggi, dan 81% siswa mampu mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan karakter siswa dan kemampuan memecahkan masalah pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Kemampuan Memecahkan Masalah, Problem Based Learning, Sistem Pencernaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Dec 2017 13:58
Last Modified: 04 Dec 2017 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28120

Actions (login required)

View Item View Item