ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI SMA DI KOTA SEMARANG DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013


Meylinda Dwi Lestari , 4401410082 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI SMA DI KOTA SEMARANG DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401410082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (938kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan semua guru biologi kelas X di enam sekolah pilot of project Kurikulum 2013 di kota Semarang menyatakan mampu membuat RPP Kurikulum 2013, tetapi pernyataan guru belum dapat dipastikan kebenarannya karena belum dilakukan analisis terhadap RPP guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru biologi kelas X di sekolah pilot of project Kurikulum 2013 di kota Semarang dalam membuat RPP Kurikulum 2013 meliputi kesesuaian RPP, pemahaman terhadap RPP, dan kendala dalam membuat RPP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah RPP dan guru biologi kelas X. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan model Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil analisis kesesuaian RPP keenam guru biologi kelas X menunjukkan terdapat dua guru dengan kriteria RPP sesuai dan empat guru dengan kriteria RPP kurang sesuai. Berdasarkan tiga puluh RPP yang dianalisis masih ditemukan ketidaksesuaian. Hasil pemahaman keenam guru terhadap RPP Kurikulum 2013 menunjukkan hasil yang kurang baik. Hasil kemampuan keenam guru dalam membuat RPP Kurikulum 2013 tergolong kurang mampu. Hasil kendala guru dalam membuat RPP menunjukkan terdapat lima guru yang mengalami kendala dalam mengkonversi nilai. Simpulan penelitian ini adalah rata-rata RPP guru biologi kelas X berada pada kriteria sesuai dan kurang sesuai, pemahaman keenam guru terhadap RPP Kurikulum 2013 tergolong kurang baik, kemampuan keenam guru dalam membuat RPP Kurikulum 2013 tergolong kurang mampu, dan guru mengalami kendala dalam mengkonversi nilai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan guru, kurikulum 2013, RPP
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Dec 2017 13:45
Last Modified: 04 Dec 2017 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28118

Actions (login required)

View Item View Item