KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI PEMBELAHAN SEL


Ni Nengah Putri Widhiastiti , 4401410072 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI PEMBELAHAN SEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401410072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Materi pembelahan sel merupakan materi yang bersifat abstrak atau tidak dapat diamati secara langsung karena ukuran dari objek yang diamati sangat kecil. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Semarang menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran, padahal Kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran berbasis mutimedia dengan menerapkan pendekatan ilmiah. Hampir 17% siswa kelas XII MIPA mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelahan sel, sehingga multimedia pembelahan sel dengan pendekatan ilmiah dapat digunakan untuk memotivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh positif pembelajaran berbantuan multimedia pembelahan sel dengan pendekatan ilmiah terhadap hasil belajar siswa, mengetahui peningkatan hasil belajar, dan efektivitasnya saat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampelnya adalah kelas XII MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XII MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penilaian multimedia pembelahan sel oleh validator materi dan validator media serta guru menunjukkan kriteria sangat layak Data dan hasil analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar (posttest) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Rata-rata posttest kelas ekperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan perolehan nilai masing-masing 75,52 dan 70. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelahan sel menunjukkan kriteria sedang sebesar 0,53. Hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelahan sel menunjukkan bahwa 93,1% siswa telah mencapai nilai KKM dan 96,55% siswa memiliki motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Motivasi eksternal mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 29,5%. Tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran berbantuan multimedia mencapai kriteria sangat baik sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran berbantuan multimedia mencapai kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan multimedia dengan pendekatan ilmiah pada materi pembelahan sel berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan peningkatan sedang dan efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Biologi kelas XII MIPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelahan Sel, Pendekatan Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 04 Dec 2017 13:38
Last Modified: 04 Dec 2017 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item