ANALISIS MUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN IPA KURIKULUM 2013 PADA MATERI BIOLOGI KELAS VII SMP
Fatimah Dini Pamungkas Siwi , 4401410023 (2016) ANALISIS MUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN IPA KURIKULUM 2013 PADA MATERI BIOLOGI KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Buku Teks Pelajaran (BTP) adalah buku panduan peserta didik terbaru yang digunakan dalam Kurikulum 2013. Sekolah Menengah Pertama wajib menggunakan BTP berjudul “Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VII Semester 1 dan 2 cetakan ke-2 2014” pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan pendidikan karakter pada BTP tersebut dengan menggunakan pendekatan semi kualitatif. Sumber data berupa dokumen yang didukung wawancara narasumber. Pengumpulan data menggunakan metode analisis muatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data sesuai model analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian membuktikan BTP IPA Kurikulum 2013 pada materi Biologi kelas VII SMP memuat nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Nilai peduli social dan cinta damai tidak ditemukan baik di BTP Semester 1 ataupun 2.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks pelajaran, kurikulum 2013, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Motivating Learners L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 12:52 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 12:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28114 |
Actions (login required)
View Item |