PENUGASAN RISET MINI DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH
Nur Azizah , 4401410020 (2015) PENUGASAN RISET MINI DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (650kB) | Preview |
Abstract
Kognisi dan metakognisi merupakan dua komponen penting dalam pembelajaran mandiri, khususnya dalam pembelajaran sains. Beberapa peneliti percaya bahwa komponen tersebut khususnya metakognisi penting karena memungkinkan individu untuk merencanakan dan mengalokasikan sumber belajar yang terbatas dengan seefisien mungkin, mengawasi tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, serta mengevaluasi kondisi belajar mereka saat ini. Dalam penelitian ini peneliti berusaha menggabungkan strategi yang mampu mencakup kognisi dan metakognisi dalam upaya melatih pembelajaran mandiri. Adapun metode yang dilakukan yaitu melalui penugasan riset mini dengan strategi metakognitif. Beradaptasi dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, diharapkan penugasan riset mini dengan strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penugasan riset mini dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan metakognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design dengan rancangan posttest-only design. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015 di SMA 1 Gombong pada kelas XI dengan materi sistem peredaran darah. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik acak. Data yang diambil berupa hasil belajar menggunakan metode tes; kemampuan metakognitif menggunakan metode inventori; dan tingkat keterlaksanaan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan penugasan riset mini dengan strategi metakognitif yaitu 100%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (81,59) lebih tinggi daripada kelas kontrol (70,38). Hail uji Independent-Samples T Test menunjukkan nilai thitung (4,442) lebih besar daripada nilai ttabel (1,985). Hubungan antara hasil belajar dan kemampuan metakognitif juga dianalisis untuk mengetahui hubungan antara keduanya. Hasil uji korelasi menunjukkan koefisien korelasi (0,112) lebih kecil daripada rtabel (0,246). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penugasan riset mini dengan strategi metakognitif berpengaruh terhadap hasil belajar. Akan tetapi, belum diketahui pengaruhnya secara langsung terhadap kemampuan metakognitif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | riset mini, strategi metakognitif, kemampuan metakognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 12:47 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 12:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28113 |
Actions (login required)
View Item |