EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK AL-HIKMAH BAKALREJO DEMAK


Nur Atiqoh Zen , 5401409019 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK AL-HIKMAH BAKALREJO DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401409019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Kewirausahaan.Siswa kurang aktif untuk menyampaikan ide atau gagasannya karena hanya menerima informasi saja, siswa juga kurang dapat berkompetisi untuk memperoleh nilai yang tinggi, hasil belajar siswa kurang memuaskan.Selain itu, masih rendahnya daya saing yang dimiliki siswa ikut mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah.Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yang mungkin terjadi adalah tidak adanya kompetisi bagi anak dalam bidang kewirausahaan sehingga tidak ada keinginan anak untuk menunjukkan daya saingnya meskipun itu dengan temannya sendiri.Untuk menarik mengatasi permasalahan itu semua dalam belajar dibutuhkan model pembelajaran pembelajaran yang tepat.Model yang digunakan adalah model kooperatif dengan jenis Teams Game Tournament. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat efektivitas model pembelajaran Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Busana SMK Al-Hikmah Bakalrejo Demak?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiefektivitas model pembelajaran Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Busana SMK Al-Hikmah Bakalrejo Demak lebih baik dari pembelajaran konvensional tanpa model pembelajaran Team Game Tournament.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pupolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X busana di SMK Al-Hikmah Bakalrejoberjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, pemilihan kelas dengan cara undi dan di dapat kelas kelas XA Busana dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XB Busana dengan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan TrueEksperimental Design. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran dengan model pembelajaran TGT memperoleh thitung = -0.169 dan ttabel = -1,67. Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis dengan jumlah varian sama maka dipergunakan Ha diterima, yaitu model pembelajaran Team Game Tournament efektif untuk mencapai keefektifan belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Saran dari hasil penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament pada pembelajaran dikelas, karena model Team Game Tournament ini lebih menyenangkan siswa jika dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya yang biasa diaplikasikan kedalam berbagai mata pelajaran dan berbagai tingkatan kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kewirausahaan, Team Game Tournament.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 17:18
Last Modified: 03 Dec 2017 17:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item