TRAINER PENGONTROL MOTOR DC MENGGUNAKAN KEYPAD MATRIX 4X4 BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MIKROKONTROLER DI LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO UNNES


Deta Irawan , 5311312031 (2016) TRAINER PENGONTROL MOTOR DC MENGGUNAKAN KEYPAD MATRIX 4X4 BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MIKROKONTROLER DI LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5311312031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk menunjang teori yang telah dipelajari, praktikum menjadi suatu bagian yang penting dalam proses untuk membuktikan teori yang telah dipelajari tersebut. Keterbatasan alat dan ruang menjadi kendala dalam melakukan sebuah praktikum jika jumlah mahasiswanya banyak. Pada tugas akhir ini dirancang media pembelajaran untuk mendukung praktikum dalam sebuah perkuliahan teori. Trainer Pengontrol Motor Dc merupakan media elektronika dalam bentuk satu kesatuan ukuran 23 x 30 cm yang didalamnya sudah terdapat mikrokontrol ATmega 2560. Media ini terdiri atas sistem pengendalian arah putaran dan kecepatan motor dc yang dapat dioperasikan secara manual melalui tombol keypad 4x4, untuk men-setting nilai PWM ke Arduino Mega 2560. Motor stepper dc juga terdapat pada media ini. Intinya kendali arah putaran motor dc mengikuti posisi pemasangan kutub tegangan. Sedangkan jika kecepatan motor mengikuti besar kecilnya nilai tegangan yang disalurkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin besar nilai PWM, maka semakin cepat pula motor berputar. Untuk selanjutnya trainer ini bisa dikembangkan dalam pengendalian yang lebih variatif lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motor DC, Arduino Mega 2560, kendali arah dan putaran motor.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro, D3
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 14:39
Last Modified: 03 Dec 2017 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item