INOVASI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI RUNNING GAME NETWORK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Aldila Saputri , 5302412098 (2016) INOVASI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MELALUI RUNNING GAME NETWORK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya pembelajaran jaringan dasar untuk mencapai tujuan pembelajaran di SMK N 2 Salatiga. Penelitian ini menerapkan model Teams Games Tournament dengan harapan pemahaman konsep dapat tercapai dan karakter jujur, tanggung jawab, serta kerja sama siswa dapat tercapai. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa apabila diterapkan model pembelajaran TGT melalui Running Game Network pada mata pelajaran jaringan dasar Kelas X TKJ SMK N 2 Salatiga. Jenis penelitian adalah penelitian pre eksperimen jenis One Group Pretest- Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan cara sampling purposive. Metode pengumpulan data meliputi tes, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data yaitu uji homogenitas, uji normalitas, analisis deskriptif, uji n-gain dan uji t perbedaan rata-rata dua kelompok berpasangan. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung < ttabel sehingga Ho diterima atau terdapat peningkatan pemahaman konsep pada siswa. Hasil analisis n-gain dapat dilihat bahwa presentase kategori pencapaian tinggi sebesar 21,21%, presentase kategori pencapaian sedang sebesar 78,79% dan presentase kategori pencapaian rendah sebesar 0%. Model pembelajaran TGT melalui Running Game Network dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X TKJ SMK N 2 Salatiga pada mata pelajaran jaringan dasar materi layer OSI. Untuk itu disarankan guru menjadikan model TGT sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Jaringan Dasar, Peningkatan Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 13:59
Last Modified: 03 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28085

Actions (login required)

View Item View Item