EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARIAS ( ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION ) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SUMBER REMBANG


Layinatul Khasanah , 5302412092 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARIAS ( ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION ) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SUMBER REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS berbantuan multimedia interaktif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sumber Rembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian “Nonequivalent Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1Sumber Rembang. Diambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas Kontrol. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas keaktifan dan hasil belajar digunakan teknik analisis uji-t dan N-gain. Hasil penelitian hasil belajar siswa menunjukkan bahwa berdasarkan perhituingan uji t diketahui t-hitung 5.185 < t tabel 2.003. Artinya, hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS berbantuan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Berdasarkan perhitungan hasil N-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan N-gain kelas kontrol. N-gain kelas eksperimen sebesar 0.53 dan N-gain kelas kontrol 0.38 dimana N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat selisih 0.15. Sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Serta keaktifan siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dari seluruh aspek yang diamati dan terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, yaitu keaktifan siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 71.38% termasuk kategori aktif. Sedangkan keaktifan siswa pada kelas kontrol dengan rata-rata 45.17% termasuk kategori cukup aktif. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran ARIAS berbantuan multimedia interaktif sangat efektif terhadap hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Saran yang diajukan adalah dalam penerapan pembelajaran ARIAS diperlukan pengelolaan waktu yang baik agar setiap komponen dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction), Keaktifan, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 13:58
Last Modified: 03 Dec 2017 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28084

Actions (login required)

View Item View Item