IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN CAPTIVATE PADA MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, MINAT, DAN PERSEPSI SISWA DI SMA NEGERI 1 MAOS CILACAP


Siti Fatimah , 5302412082 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN CAPTIVATE PADA MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, MINAT, DAN PERSEPSI SISWA DI SMA NEGERI 1 MAOS CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keaktifan siswa dan anggapan mudah pada mata pelajaran TIK terutama pada materi pengolah kata (Microsoft Word) sehingga minat belajar siswa rendah. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif, bosan, dan tidak memperhatikan selama proses pembelajaran yang mengakibatkan belum tercapainya ketuntasan nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif pada aspek minat belajar, dan hasil belajar psikomotorik pada aspek persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan captivate. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda, lembar angket, dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan t-test dan uji gain. Dari hasil analisis data, diperoleh hasil analisis uji hipotesis hasil belajar kognitif diperoleh thitung = 5,067 dan ttabel=1,67 dengan α = 5% dengan dk = 31 + 32 – 2 = 61. Kriteria pengujian yaitu Ho diterima jika thitung > ttabel , maka thitung berada pada daerah penolakan Ho. Karena thitung berada pada daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji gain hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,311 (sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,124 (rendah). Hasil analisis presentase minat belajar kelas eksperimen sebesar 85% (sangat baik), sedangkan minat belajar kelas kontrol sebesar 71% (baik). Hasil analisis presentase persepsi siswa kelas eksperimen sebesar 93% (sangat baik), sedangkan persepsi siswa kelas kontrol sebesar 84% (sangat baik). Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan captivate mampu meningkatkan hasil belajar, minat, dan persepsi. Penelitian model pembelajaran group investigation berbantuan captivate perlu dikembangkan agar dapat diketahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar, minat, dan persepsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Hasil Belajar, Minat, Persepsi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 13:58
Last Modified: 03 Dec 2017 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item View Item