GAME EDUKASI PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DENGAN AUDIO-VISUAL UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID


Ghozi Dzikri Robbani , 5302412075 (2016) GAME EDUKASI PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DENGAN AUDIO-VISUAL UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bahasa anak pada usia tiga sampai dengan lima tahun berkembang dengan sangat pesat. Proses pembelajaran bahasa anak pada usia tersebut perlu dilakukan secara intensif dan maksimal. Arus globalisasi dan perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan perlunya pengenalan bahasa asing terutama bahasa Inggris pada anak sejak dini. Anak pada dasarnya lebih senang bermain daripada belajar. Mobile games dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat produk game edukasi pengenalan kosa kata bahasa Inggris, menguji kelayakan dan menguji efektivitas produk. Pengembangan game edukasi menggunakan metode research and development. Game edukasi ini berbasis multimedia, dibuat dengan menggunakan berbagai macam software antara lain CorelDraw X7, Audacity dan Adobe Flash CS6 yang diimplementasikan pada platform Android. Game edukasi diuji secara fungsional serta kelayakannya oleh ahli media dan materi berdasarkan ISO 9126 dan kriteria kualitas multimedia. Penerapan game edukasi dilakukan pada TK Islam Al Furqon Rembang dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil uji validasi game edukasi dari aspek media dan materi sebesar 84,52% dan 83,33%, keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas pada anak memperoleh persentase sebesar 78,12% dan dikategorikan sangat layak diterapkan pada anak. Penguasaan kosa kata bahasa Inggris pada anak saat proses pembelajaran menggunakan media berbeda sebesar 43,68% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media game edukasi. Game Edukasi Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris layak dan efektif dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran bagi anak usia dini dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Saran pada penelitian lanjutan antara lain penambahan penggunaan audio pada matching game, penggantian jenis huruf dan themesong, penambahan alat penelitian serta penambahan jenis permainan lain pada pengembangan game selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, bahasa Inggris, game edukasi, kosa kata
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 13:57
Last Modified: 03 Dec 2017 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28079

Actions (login required)

View Item View Item