PENERAPAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN BUDIDAYA PADI DAN KACANG HIJAU DI DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KECAMATAN GODONG


Riska Wahyu Apriliana , 5302412060 (2016) PENERAPAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN BUDIDAYA PADI DAN KACANG HIJAU DI DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KECAMATAN GODONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Godong merupakan salah satu wilayah yang memiliki produksi pertanian padi dan kacang hijau terbesar di Kabupaten Grobogan. Besarnya potensi hasil pertanian tak lepas dari kegiatan penyuluhan dari masing-masing wilayah termasuk Kecamatan Godong. Kegiatan penyuluhan di Dinas Pertanian Kecamatan Godong belum terselenggara secara merata pada beberapa desa dikarenakan anggota kelompok tani wilayah setempat memiliki kesibukan selain bertani. Oleh karena itu diperlukan sarana media informasi penyuluhan pertanian yang dapat diakses kapanpun dan di manapun. Dewasa ini, banyak pihak yang mulai melirik website sebagai salah satu media penyampaian informasi yang terhubung dengan internet sehingga dapat diakses kapanpun dan di manapun. Adanya hal ini dimanfaatkan Dinas Pertanian Kecamatan Godong untuk menyampaikan informasi penyuluhan melalui media website di internet sehingga petani dapat mengakses informasi penyuluhan di manapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah membangun website penyuluhan menggunakan metode pengembanan waterfall serta mengetahui bagaimana tanggapan petani dan Dinas Pertanian Kecamatan Godong mengenai kebermanfaatan website. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan website adalah waterfall. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada validator media, pihak dinas pertanian, serta petani Kecamatan Godong. Teknik analisis data menggunakan skala likert yang memiliki gradasi jawaban dari sangat setuju sampai tidak setuju. Hasil penelitian berupa website pertanian serta tanggapan dari Dinas Pertanian Kecamatan Godong dan petani mengenai kebermanfaatan website. Website telah diuji menggunakan metode black box serta mendapat persetujuan dari validator media. Dinas Pertanian menyatakan sangat setuju, sedangkan petani menyatakan setuju dengan kebermanfaatan website penyuluhan di Kecamatan Godong. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode pengembangan waterfall dapat diterapkan pada pembuatan website, tanggapan Dinas Pertanian Kecamatan Godong menyatakan sangat setuju terhadap kebermanfaatan website, serta tanggapan petani menyatakan setuju terhadap kebermanfaatana website penyuluhan pertanian di Kecamatan Godong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Website, penyuluhan, padi, kacang hijau, dinas pertanian
Subjects: T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2017 13:57
Last Modified: 03 Dec 2017 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28078

Actions (login required)

View Item View Item