PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PERANCANGAN DECISSION SUPPORT SYSTEM (DSS) UNTUK PENILAIAN KINERJA GURU (PKG)


Azizah Munawaroh , 5302412050 (2016) PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PERANCANGAN DECISSION SUPPORT SYSTEM (DSS) UNTUK PENILAIAN KINERJA GURU (PKG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan proses penilaian kemampuan guru dalam menerapkan kompetensi dan keterampilan mencakup aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Hasil penilaian selanjutnya diolah tim PKG untuk menghasilkan nilai akhir yang berguna pada proses pengembangan karir, pada kenaikan pangkat dan jabatan fungsional. Oleh sebab itu diperlukan sistem untuk mengolah hasil PKG. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini ditujukan untuk membuat sistem pendukung keputusan penilaian kinerja guru yang dapat membantu tim PKG untuk mengelola hasil PKG dan memberikan prioritas pemilihan guru terbaik berdasarkan kinerjanya. Sistem pendukung keputusan ini menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan prioritas guru terbaik. Konsep metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja setiap alternatif (guru) pada semua atribut. Sistem dibuat menggunakan metode pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari analisis, desain, kode, tes, dan maintenance yang diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Pengujian yang dilakukan terhadap sistem ini yaitu pengujian blackbox dan komparasi. Hasil yang diperoleh dari pengujian blackbox 100% valid yang berarti semua fungsional sistem berjalan dengan baik. Hasil dari pengujian komparasi 100% valid karena telah disesuaikan dengan perhitungan berdasarkan PERMENEGPAN 16/2009. Sistem telah diuji pada SMA/SMK/MA Negeri Kabupaten Wonosobo sebagai pengguna sistem, dengan hasil rata-rata dari respon pengguna sebesar 87,69%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diambil kesimpulan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW bermanfaat membantu tim PKG untuk mengolah hasil penilaian dan memprioritaskan guru terbaik dengan efektif dan efisien berdasarkan hasil uji blackbox, komparasi dan analisis kebermanfaatan sistem dari respon pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Simple Additive Weighting (SAW), Decision Support System (DSS), Penilaian Kinerja Guru (PKG).
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 19:27
Last Modified: 30 Nov 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item