PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING PENGELOLAAN TATA TERTIB SISWA SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENANGANAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Ana Qurrota A’yun , 5302412027 (2016) PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING PENGELOLAAN TATA TERTIB SISWA SEBAGAI SARANA PENUNJANG PENANGANAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem monitoring pengelolaan tata tertib siswa merupakan alternatif penegakan disiplin sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Monitoring Pengelolaan Tata Tertib Siswa (SIMPETA) dan menguji kelayakannya. Sistem ini telah diuji coba sehingga mampu menunjang layanan BK dalam mengelola data pelanggaran siswa dan monitoring tingkat pelanggaran siswa di SMA N 1 Godong. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan sistem menggunakan model Waterfall. Sistem dibangun dengan memanfaatkan Framework CodeIgniter dan Boostrap. Perancangan desain sistem digunakan model perancangan UML (Unified Modelling Language). Pengujian sistem dilakukan melalui pengujian alpha menggunakan Black-box testing, Pengujian performance sistem menggunakan software GTMetrix, pengujian ahli sistem menggunakan instrumen pengujian kualitas kelayakan McCalls, dan selanjutnya akan dilakukan pengujian tingkat penerimaan pengguna melalui User Responses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang telah berhasil dikembangkan untuk menunjang layanan BK dalam mengelola data pelanggaran siswa dan memonitoring tingkat pelanggaran tata tertib siswa. Pengujian alpha secara umum menunjukkan sistem telah berhasil berjalan sesuai fungsi-fungsinya. Pengujian Performance menunjukkan Time behavior memiliki rata-rata waktu 2.3 sekon dengan grade 96/A, sedangkan Resource ulitization menunjukkan hasil skor/grade 85/B. Pengujian ahli sistem menunjukkan seluruh aspek kualitas sistem yang diujikan masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase Correctness 97.92%, Reliability 93.06%, Integrity 100%, dan Usability 91.67%, sedangkan pengujian beta User Responses memperoleh persentase berturut-turut Administrator 85,33%, Operator 90,67%, dan User 90,95% yang menunjukkan hasil sangat menunjang layanan BK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Monitoring web, Tata Tertib Siswa, CodeIgniter, Kualitas sistem.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 19:17
Last Modified: 30 Nov 2017 19:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28072

Actions (login required)

View Item View Item