MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP N 39 SEMARANG


Siti Su’indayah , 5302412029 (2016) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP N 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran TIK masih menggunakan metode ceramah yang bersifat satu arah dan, guru dianggap satu – satunya sumber informasi bagi siswa. Sehingga siswa menjadi pasif dan kurang aktif serta hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing yang bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen design dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Dan diperoleh siswa kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata keaktifan pada siswa kelas eksperimen sebesar 80,07% dengan kategori baik. Sedangkan nilai rata – rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen meningkat menjadi 83,03 dengan uji gain yang didapat sebesar 0,558%. Kesimpulan yang didapat yaitu model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Maka disarankan untuk sebagian guru menggunakan model ini pada mata pelajaran yang diampunya agar hasil belajar yang diinginkan tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Keaktifan, Hasil Belajar, TIK
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 19:19
Last Modified: 30 Nov 2017 19:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28071

Actions (login required)

View Item View Item