IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PATEBON


Astrilia Sarasati , 5302412048 (2016) IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PATEBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

TIK merupakan pelajaran yang dianggap sukar oleh beberapa siswa. Hal ini menjadikan kurangnya motivasi, sikap dan hasil belajar siswa oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat membantu untuk meningkatkan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa SMP melalui implementasi model student facilitator and explaining. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group pretestposttest design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner dan lembar tes pretest&posttest. Data yang diperoleh pada penelitian ini terdiri dari nilai pretest, posttest, lembar observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan t-test dan uji gain. Hasil analisis data, analisis pertama yaitu hasil motivasi pada kelas eksperimen terdapat meningkatan dari 43,55 menjadi 78,22, besarnya peningkatan memperoleh dari uji gain yaitu 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan hasil sikap belajar kelas eksperimen memperoleh rata-rata 48,75 menjadi 73,12, untuk besarnya peningkatan sikap diperoleh dari uji gain yaitu 0,48 dengan kategori sedang. Hasil perhitungan t-test dari nilai hasil belajar kognitif yaitu t hitung = 6,708 sedangkan t tabel = 1,67 dengan α = 5% dengan dk = 32 + 32 – 2 = 62. Jadi thitung>ttabel, ini berarti hipotesis diterima. Untuk meningkatan hasil belajar kognitif siswa dilihat dari uji gain, untuk uji gain pada kelas eksperimen peningkatan hasil belajar kognitif berkategori sedang sebesar 0,58. persentase skor pada aspek psikomotorik kelas eksperimen sebesar 80,31% sedangkan kelas kontrol 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model student facilitator and explaining mampu meningkatkan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon. Saran berdasarkan keberhasilan pencapaian dari penerapan model student facilitator and explaining dalam proses pembelajaran dapat dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan pembelajaran disekolah dan kepada peneliti berikutnya untuk lebih mengembangkan dan mengeksplorasikan kembali penerapan model student facilitator and explaining pada proses pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student facilitator and explaining, Motivasi, Sikap, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 19:28
Last Modified: 30 Nov 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28069

Actions (login required)

View Item View Item