PENGEMBANGAN HERBARIUM SHEET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUHAN PAKU DI SMA


Erni Fitriyana , 4401409019 (2016) PENGEMBANGAN HERBARIUM SHEET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUHAN PAKU DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN HERBARIUM SHEET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUHAN PAKU DI SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN HERBARIUM SHEET TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TUMBUHAN PAKU DI SMA) - Published Version
Download (968kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran seharusnya dapat membantu proses penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Penggunaan media herbarium di SMAN 14 Semarang belum dapat membantu siswa untuk memahami dan mencapai kompetensi pada pembelajaran materi tumbuhan paku karena memiliki berbagai kekurangan, salah satunya tidak dapat menunjukkan gametofit tumbuhan paku. Pengembangan media herbarium dilakukan menjadi sebuah produk bernama Herbarium Sheet tumbuhan paku yang menggabungkan media herbarium dengan gambar tumbuhan paku. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan, desain produk, validasi produk, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Penelitian pendahuluan dilakukan pada 30 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI dan XII SMAN 14 Semarang. Validasi dilakukan oleh pakar media pembelajaran sebagai validator tampilan dan pakar taksonomi tumbuhan sebagai validator isi/materi. Uji coba skala kecil dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan media. Uji coba skala besar dilakukan untuk mengetahui efektifitas media dengan membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media Herbarium Sheet tumbuhan paku dan kelas kontrol yang menggunakan media herbarium biasa. Hasil belajar tersebut meliputi kognitif, afektif dan psikomotor. Tingkat keterterapan dinilai melalui pengisian angket oleh siswa di akhir kegiatan pembelajaran. Validitas tampilan Herbarium Sheet tumbuhan paku dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase penilaian 97,5%. Validitas isi/materi Herbarium Sheet tumbuhan paku juga dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase penilaian 87,5%. Hasil tingkat keterbacaan Herbarium Sheet tumbuhan paku dinyatakan baik dengan rata-rata persentase penilaian 79,75%, sedangkan tingkat keterterapannya dinyatakan sangat baik dengan rata-rata persentase penilaian 81,84%. Hasil belajar koginitif dan psikomotor pada kelas yang menggunakan Herbarium Sheet tumbuhan paku lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan herbarium biasa. Hasil belajar afektif tidak dipengaruhi oleh media Herbarium Sheet tumbuhan paku, beberapa aspek penilaian afektif pada kelas eksperimen bahkan mendapatkan nilai lebih rendah dibandingkan kelas kontrol. Penggunaan media pembelajaran Herbarium Sheet tumbuhan paku dalam metode pembelajaran diskusi, belum cukup efektif untuk mencapai ketuntasan belajar klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: herbarium sheet, media pembelajaran, tumbuhan paku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 30 Nov 2017 18:29
Last Modified: 30 Nov 2017 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28067

Actions (login required)

View Item View Item