ANALISIS ISI BUKU PANDUAN GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII KURIKULUM 2013
Dian Wahyu Bima Kuncara , 4401409003 (2016) ANALISIS ISI BUKU PANDUAN GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS ISI BUKU PANDUAN GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII KURIKULUM 2013)
- Published Version
Download (916kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 (K13) telah resmi diimplementasikan di tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015. Pada implementasi ini, K13 menggunakan seperangkat dokumen kurikulum yang meliputi dokumen kurikulum setiap satuan pendidikan atau program pendidikan, dokumen Kurikulum setiap mata pelajaran, pedoman implementasi kurikulum, buku teks pelajaran, buku panduan guru dokumen kurikulum lainnya (PP No 32/2013). Analisis dilakukan pada buku panduan guru karangan Widodo dengan judul Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2014.Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran, kelayakan buku panduan dalam implementasi K13, kesesuaian dengan KI dan KD, keserasian buku siswa, tanggapan guru dan saran perbaikan buku. Penelitian ini menggunakan metode analisis dokumenter. Validitas data deskripsi buku panduan guru di implementasi K13 dijaga dengan menggunakan triangulasi teknik meliputi metode dokumentasi dan wawancara semi terstruktur. Pengambilan data dengan teknik dokumentasi untuk data peran, tingkat kelayakan, keserasian dengan buku siswa, kesesuaian dengan KI dan KD, serta penyusunan saran. Teknik pengambilan data wawancara semi terstruktur digunakan untuk mendeskripsikan tanggapan guru. Validitas data wawancara dijaga dengan menggunakan triangulasi sumber meliputi guru IPA SMP N 2 Semarang, SMP N 5 Semarang dan SMP N 21 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran buku panduan guru adalah sebagai pedoman bagi guru untuk persiapan, proses sampai evaluasi pada kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kelayakan buku panduan guru karangan Wahono Widodo dengan judul Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2014 adalah kurang layak. Isi buku menunjukkan kecukupan kesesuaian dengan KI dan KD yang telah ditetapkan serta telah cukup serasi berdampingan dengan buku pegangan siswa. Tanggapan negatif muncul akibat masalah teknis pengadaan dan distribusi buku, sedangkan tanggapan positif didapat dari sebagian guru yang menggunakan buku ini dengan beberapa saran untuk pengembangan buku selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis dokumenter, Buku Panduan Guru, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 18:21 |
Last Modified: | 30 Nov 2017 18:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28066 |
Actions (login required)
View Item |