EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROSKOP


Rohaeni , 4401409001 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROSKOP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROSKOP]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MIKROSKOP) - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Rohaeni, Siti. 2016. Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mikroskop. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Sri Sukaesih, S.Pd., M.Pd. dan Drs. F. Putut Martin Herry B., M.Si. Pembelajaran biologi di SMP Negeri 2 Welahan selama ini masih berpusat pada guru. Siswa tidak diajak untuk menemukan konsep secara mandiri. Siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Jika hal tersebut dibiarkan, akan membuat aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme memungkinkan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Dengan pendekatan ini akan mendorong siswa menjadi aktif sehingga hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan konstruktivisme terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mikroskop. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one shoot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari enam kelas (VIIA-VIIF). Sampel diambil menggunakan purposive sampling, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE yang terdiri dari 38 siswa dan kelas VIIF yang terdiri dari 37 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, dan variabel terikatnya yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa. Data diambil menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, pedoman wawancara guru, dan soal post-test. Berdasarkan hasil data, analisis, dan pembahasan, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 89,5% (VIIE) dan 86,5% (VIIF). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 92,1% (VIIE) dan 89,1% (VIIF). Keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme menunjukkan hasil yang sangat baik dan baik, baik di kelas VIIE maupun VIIF. Guru memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mikroskop. Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Konstruktivisme, Materi Mikroskop.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Konstruktivisme, Materi Mikroskop.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 30 Nov 2017 18:11
Last Modified: 30 Nov 2017 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28065

Actions (login required)

View Item View Item