PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS WEB PADA MATERI RUMUS DAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WURYANTORO


Rida Ikrar Prasetyo , 5302411237 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS WEB PADA MATERI RUMUS DAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WURYANTORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411237.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran remedial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan model pembelajaran remedial berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rumus dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model Borg dan Gall (1989). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektivitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran remedial berbasis web terbukti handal, dibuktikan dari hasil validasi ahli media sebesar 81.67% dan ahli materi sebesar 88.89%. (2) Pembelajaran Remedial berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rumus dan fungsi, dibuktikan dengan n-gain pada skala terbatas 81%, pada skala menengah 82% dan skala luas 77%. Diharapkan untuk menerapkan model pembelajaran remedial berbasis Web pada siswa kelas VIII pada materi rumus dan fungsi, memfasilitasi penerapannya disekolah serta menguji penelitian ini pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intelligent Tutoring System, Pembelajaran Remedial, Hasil Belajar, Materi Rumus dan Fungsi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 18:37
Last Modified: 30 Nov 2017 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28062

Actions (login required)

View Item View Item