IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KUMON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS X AKUNTANSI SMK SWADAYA KOTA SEMARANG


Muhammad Nanda Syarifudin , 5302411223 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KUMON SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS X AKUNTANSI SMK SWADAYA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411223.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman terhadap mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau KKPI dapat dilaksanakan dengan baik apabila proses belajar mengajar berada di Laboratorium komputer. Permasalahan muncul di SMK Swadaya yakni sebagaian besar siswa kurang memahami pembelajaran karena sarana dan prasarana yang kurang memadai. Penelitian ini akan mengkaji mengenai peningkatkan kemampuan individu dan keterampilan individu siswa serta bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran metode kumon pada mata pelajaran KKPI kelas X Akuntansi SMK Swadaya Kota Semarang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swadaya Semarang. Terpilih sampel siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen, kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol, kelas X Pemasaran 2 sebagai kelas uji coba instrumen. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kumon sedangkan kelompok kontrol memperoleh model pembelajaran ceramah. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kumon pada mata pelajaran KKPI kelas X Akuntansi SMK Swadaya Kota Semarang menunjukan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yakni 89.1764 sedangkan untuk kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar 73. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kumon lebih efektif karena rata-rata nilai telah mencapai ≥75 dan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran secara ceramah memperoleh nilai rata-rata ≤75.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kumon, KKPI
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 18:37
Last Modified: 30 Nov 2017 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28061

Actions (login required)

View Item View Item