PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI USAHA UNTUK PROMOSI PRODUK, JASA DAN LOKASI TEMPAT USAHA


Imam Khanafi , 5302411204 (2016) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI USAHA UNTUK PROMOSI PRODUK, JASA DAN LOKASI TEMPAT USAHA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411204.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan usaha tidak terlepas dari pemasaran dasar yang terikat secara fisik atau biasa yang disebut pemasaran konvensional. Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan banyak alternatif baru dalam melakukan pemasaran menggunakan internet yang lebih dikenal dengan pemasaran online. Ecommerce salah satu bentuk pemasaran online, saat ini lebih banyak mengulas produk, sedangkan untuk jasa dan tempat usaha belum ada. Di sisi lain sifat jasa dan tempat usaha mengharuskan area usaha sebatas lokasi terdekat. Pengembangan sistem informasi usaha didasarkan pada pembuatan model pemasaran yang mencakup produk, jasa dan tempat usaha dengan fokus suatu area berbasis lokasi sehingga pemilik usaha dapat melakukan pemasaran secara optimal dan memberikan sarana pencarian bagi konsumen untuk mendapatkan usaha terdekat secara cepat. Model pengembangan yang digunakan adalah model spiral. Pengembangan model spiral dilaksanakan sebanyak tiga siklus perulangan, dengan tiap siklus melewati tahap komunikasi pengguna, perencanaan, analisis resiko, kontrusi dan peluncuran, serta customer evaluation. Pada tahap customer evaluation, populasi yang diteliti adalah masyarakat Kabupaten Kudus. Jumlah sampel pada siklus pertama berjumlah sepuluh responden, pada siklus kedua berjumlah 35 responden. Pengambilan sampel pada keseluruhan siklus menggunakan simple random sampling. Data yang dikumpulkan digunakan untuk arah pengembangan pada siklus selanjutnya. Hasil pengembangan berdasarkan customer evaluation pada siklus pertama, 70% responden merasa terbantu untuk mempromosikan usahanya dan 80% responden akan menjadikan sebagai alternatif mencari usaha disekitar. customer evaluation pada siklus kedua, sistem dalam uji penerimaan oleh pengguna mendapat nilai 86,79% yang termasuk dalam skala tinggi. Saran peneliti adalah perlu dilakukannya pengembangan selanjutnya dengan menyesuaikan kebutuhan pengguna yang didapat dari hasil customer evaluation tiap siklus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengembangan Spiral, Website, Sistem Informasi Berbasis Lokasi, Promosi Usaha.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 17:15
Last Modified: 30 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28059

Actions (login required)

View Item View Item