PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII SMP N 1 KANDEMAN


Maziya Distya , 5302411200 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII SMP N 1 KANDEMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411200.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran TIK kelas VII SMP N 1 Kandeman masih cenderung pasif, seperti kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, siswa masih merasa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya komunikasi dengan guru maupun teman, dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata Ulangan Harian 1 sebesar 54.95. Dari 36 siswa hanya 46.87% siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih variatif. Dengan menerapkan model pembelajaran talking stick diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang paling efisien dan efektif pada situasi yang alamiah. PTK dilaksanakan dengan 4 tahap untuk setiap siklusnya, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tujuan pembelajaran pada PTK yang dilaksanakan tercapai dalam dua siklus. Variabel bebas yang digunakan adalah model pembelajaran talking stick, sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Jenis data yang digunakan berupa data hasil tes maupun non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pretest maupun posttest pada setiap siklus. Data hasil non tes merupakan data hasil observasi lembar pengamatan keaktifan siswa, dan pengamatan terhadap aktivitas guru. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK kelas VII SMP N 1 Kandeman setelah dikenai tindakan. Untuk keaktifan siswa pada siklus-1 mendapatkan nilai persen 65% dalam kategori cukup baik dan 73% dalam kategori baik pada siklus-2. Hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat jumlah sekor 2149, pada siklus-1 2606 dan pada siklus-2 meningkat menjadi 3074. Sedangkan rata-rata sebelum tindakan 59.6, pada siklus-1 72.3, dan pada siklus-2 meningkat menjadi 85.4 Disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK kelas VII SMP N 1 Kandeman. Disarankan untuk guru dapat menerapkan model pembelajaran talking stick ini pada materi maupun mata pelajaran lain dengan keaktifan dan hasil belajar yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PTK, keaktifan, hasil belajar, talking stick
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 17:15
Last Modified: 30 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item