PEMANFAATAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MENGGUNAKAN METODE SURVEY QUESTION READ RECITE DAN REVIEW (SQ3R) DI SMP MATARAM SEMARANG


Delia Anastasia Andani , 5302411196 (2016) PEMANFAATAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK MENGGUNAKAN METODE SURVEY QUESTION READ RECITE DAN REVIEW (SQ3R) DI SMP MATARAM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411196.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menunjuk pada proses belajar yang baik, semestinya peserta didik ditempatkan sebagai center stage performance. Pembelajaran sekarang ini sudah banyak yang menerapkan konsep PAIKEM, yaitu Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Pembelajaran juga tidak pernah lepas dengan suatu konsep atau metode. Metode sangat penting dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Mataran Semarang masih banyak yang menggunakan metode ceramah, khususnya pada mata pelajaran TIK dan lebih sering juga dijumpai pembelajaran TIK hanya berfokus pada praktek, tanpa diimbangi dengan penguasaan teori. Hal ini dibuktikan dengan output yang dihasilkan yaitu nilai ulangan harian, rata-rata ulangan harian yang hanya mencapai 69,4 dari KKM 75. (Sumber: Data Nilai Ulangan Harian 1 Kelas VIII Tahun 2014/2015). Sedangkan untuk nilai praktek harian siswa rerata nilai kelas mencapai 76,7 dari KKM 75. (Sumber : Data Nilai Ulangan Harian 1 Kelas VIII Tahun 2014/2015). Dengan latar belakang tersebut maka peneliti mengambil topik skripsi pemanfaatan media blog dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di SMP Mataram Semarang menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite And Review (SQ3R) dengan menggunakan konsep eksperimen pada 2 (dua) kelas sebagai perbandingan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dan apakah ada perubahan peningkatan hasil belajar siswa dan perbedaan tingkat ketuntasannya belajar pada kelas kontrol dan eksperimen. Tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan melihat tingkat ketuntasannya pada kelas eksperiman dan kontrol setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan metode SQ3R. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Eksperimen dengan subjek penelitian kelas kelas VIII-E SMP Mataram Semarang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelompok kontrol. Didapatkan hasil perubahan rata-rata nilai ulangan siswa dalam pembelajaran TIK kelas eksperimen setelah mendapatkan tretment atau perlakuan yakni sebesar 82,48 sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 74,07. Berdasarkan analisis uji gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ceramah. Dibuktikkan dari nilai pretest dan posttestdidapat rata-rata skor gain kelompok eksperimen lebih tinggi yakni 0,36 sedangkan kelompok kontrol adalah 0,09.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, PAIKEM, metode SQ3R, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 17:15
Last Modified: 30 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28057

Actions (login required)

View Item View Item