MODEL SISTEM ELECTRONIC VOTING (E-VOTING) BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) SEBAGAI SISTEM KEAMANAN DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF


Andri Sulistyo , 5302411195 (2016) MODEL SISTEM ELECTRONIC VOTING (E-VOTING) BERBASIS WEB DENGAN MENERAPKAN QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) SEBAGAI SISTEM KEAMANAN DALAM PEMILIHAN LEGISLATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411195.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pemungutan suara di dalam sebuah negara demokratis menjadi suatu keharusan yang mesti dilaksanakan. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara yang melaksanakan proses demokrasi secara penuh. Meskipun sudah beberapa kali melaksanakan pemilihan umum namun masih menyisakan beberapa kekurangan didalamnya seperti, terjadi kesalahan dalam mencoblos, proses identifikasi suara yang sulit dan penghitungan suara yang lambat. Oleh karena itu dibangunlah sistem aplikasi E-Voting dengan mengimplementasikan PHP dan QR-Code generator untuk mengurangi permasalahan yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah membangun sistem aplikasi E-Voting untuk pemilihan umum legislatif. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus analisys, design, code, test dan maintenance. Pengujian pada aplikasi ini dilakukan dalam rangka melakukan validasi pada perangkat lunak. Proses validasi dilakukan dengan blackbox testing, uji validasi ahli dan uji pengguna. Hasil penelitian ini adalah terbangunnya sistem aplikasi E-Voting berbasis web untuk pemilihan legislatif guna memperbaiki kesalahan dalam proses pencoblosan, mempercepat proses identifikasi surat suara dengan bantuan scan barcode 2D sehingga pembacaan menjadi lebih akurat dan membantu proses penghitungan surat suara secara cepat. Hasil pengujian dari apliklasi E-Voting ini pada uji ahli sebesar 82,00% termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan pada pengujian pada pengguna sebesar 81,44% temasuk dalam kategori sangat setuju sehingga model aplikasi sistem E-Voting layak digunakan, dengan perbaikan-perbaikan dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-voting, Pemilu Legislatif, QR-Code
Subjects: T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 17:15
Last Modified: 30 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28056

Actions (login required)

View Item View Item