IMPLEMENTASI HACK AND SLASH BATTLE SYSTEM DALAM PEMBUATAN GAME RPG JOKO TINGKIR


Dikdoyo Ganang Samudra , 5302411194 (2016) IMPLEMENTASI HACK AND SLASH BATTLE SYSTEM DALAM PEMBUATAN GAME RPG JOKO TINGKIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411194.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Role Playing Game (RPG) adalah genre game yang berkembang di jepang. Sistem game ini seperti yang tertera pada namanya, adalah tentang bermain sebagai karakter di beberapa kondisi, waktu, tempat, dan situasi. Salah satu cerita yang menarik adalah sejarah. Penelitian ini mengembangkan sebuah Game RPG yang mengangkat kisah Joko Tingkir dan mengimplementasikan hack and slash dan MODE 7. Game yang dibuat diberi nama seperti karakter yaitu Joko Tingkir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara mengembangkan game RPG dengan mengimplementasikan hack and slash untuk meningkatkan sistem pertarungan dan MODE 7 untuk meningkatkan kualitas tampilan game. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall yang memiliki siklus analisis, desain, generasi kode dan tes atau pengujian. Game Joko Tingkir ini di buat menggunakan Unified Modelling Language untuk permodelan perangkat lunak dalam proses desain. Pengembangan game menggunakan tool RPG Maker VX Ace. Pengujian yang dilakukan adalah uji blackbox, uji validasi media, dan uji pengguna. Hasil dari penelitian berupa game RPG Joko Tingkir yang mengimpelementasikan hack and slash dan mode 7, dan terdiri dari 7 chapter yang memiliki misi dan cerita berbeda tiap chapternya, setiap akhir suatu chapter,pemain akan dihadapkan dengan bos chapter. Pada stage boss inilah MODE 7 di implementasikan. Karakter yang bisa dimainkan adalah joko tingkir atau di kenal juga sebagai mas karebet. Joko tingkir dipersenjatai dengan skill -skill sebagai pendukung pertarungan. Game RPG Joko Tingkir ini layak digunakan setelah di uji menggunakan uji blackbox dan uji validasi media. Serta mendapatkan respon positif oleh pengguna melalui uji pengguna. Saran untuk penelitian ke selanjutnya adalah perlu adanya pengembangan game dengan menggunakan engine dan bahasa pemprograman lain agar game tidak hanya bisa di mainkan di platform PC saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game RPG, Hack and Slash, MODE 7, Joko Tingkir
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 17:15
Last Modified: 30 Nov 2017 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28055

Actions (login required)

View Item View Item