SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT INFEKSI VIRUS PADA ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID


Agustina Yosi W , 4611412018 (2016) SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT INFEKSI VIRUS PADA ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Penyakit infeksi virus merupakan satu kumpulan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang mudah menyerang anak-anak. Penyakit yang sering terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh virus sangat rentan, hal tersebut disebabkan oleh sistem imunitas yang ada didalam tubuh anak belum terbangun secara sempurna. Di Puskesmas Klaten Selatan jumlah dokter hanya ada empat yang terdiri dari dua dokter umum dan dua spesialis gigi. Peran dokter umum disini sangat penting untuk menangani kasus penyakit yang spesifik seperti penyakit infeksi virus pada anak karena tidak adanya dokter spesialis anak di Puskesmas klaten Selatan. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan alat bantu berupa sistem pakar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi sistem pakar yang mampu memberikan solusi jenis penyakit virus yang dideritanya dengan menggunakan metode penalaran backward chaining dan metode certainty factor untuk menghitung persentase kemungkinan penyakit.Dimana pada backward chaining suatu rantai yang di lintasi dari suatu hipotesis kembali ke fakta yang mendukung hipotesis tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat keakurasian sistem 83% pada sistem pakar untuk penentuan jenis penyakit infeksi virus pada anak, sehingga sistem pakar untuk penentuan jenis penyakit infeksi virus pada anak ini dapat membantu masyarakat. Saran dari penelitian ini, perlu adanya memelihara keakurasian data pada aplikasi ini maka perlu dilakukan proses update basis pengetahuan secara berkala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: backward chaining, certainty factor, penyakit virus pada anak, sistem pakar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:27
Last Modified: 30 Nov 2017 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28049

Actions (login required)

View Item View Item