SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ATLET PON HOCKEY KONTINGEN JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE


Afif Setyo Nugroho , 4611412001 (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI ATLET PON HOCKEY KONTINGEN JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Hockey merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam pekan olahraga nasional (PON). Dalam proses seleksi atlet hockey kontingen Jawa Tengah melibatkan banyak kriteria yang dinilai, sehingga dalam penyeleksiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan multikriteria untuk hasil yang lebih objektif. Metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan seleksi atlet hockey kontingen Jawa Tengah adalah kombinasi metode AHP dan metode Promethee. Metode AHP digunakan dalam pembobotan kriteria dan uji konsistensi terhadap matriks perbandingan berpasangan, sedangkan metode Promethee digunakan untuk melakukan perankingan dalam penentuan alternatif terbaik. Tujuan penelitian adalah mengetahui perancangan dan membangun sistem pendukung keputusan seleksi atlet PON hockey kontingen Jawa Tengah menggunakan kombinasi metode AHP dan Promethee, serta mengetahui hasil implementasi kombinasi metode AHP dan Promethee sistem pendukung keputusan seleksi atlet PON hockey kontingen Jawa Tengah. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai keluaran sebuah ranking atlet hockey dari nilai net flow tertinggi ke nilai net flow terendah. Dari hasil perankingan dengan tersebut, diperoleh bahwa atlet hockey laki-laki yang memiliki nilai tertinggi yaitu atlet dengan kode A3 dengan nilai 0.564 dan atlet hockey perempuan yang memiliki nilai tertinggi yaitu atlet dengan kode A23 dengan nilai 0.172, sehingga atlet tersebut merupakan rekomendasi atlet yang terpilih masuk dalam tim hockey kontingen Jawa tengah. Simpulan yang diperoleh adalah perancangan sistem pendukung keputusan seleksi atlet PON hockey kontingen Jawa Tengah menggunakan metode AHP dan Promethee dibuat berdasarkan hasil yang diperoleh dari tahap pengumpulan data, selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk membuat desain sistem; dan implementasi metode AHP dan metode Promethee pada sistem pendukung keputusan seleksi atlet hockey ini dapat menentukan bobot kriteria yang konsisten dan memberikan alternatif atlet dengan nilai tertinggi terpilih masuk dalam tim hockey kontingen Jawa tengah. Saran yang diperoleh, sistem ini dapat dikembangkan dengan menambahkan bilangan fuzzy, serta menambahkan kriteria lain yang mendukung seleksi atlet hockey.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analitical Hierarchy Process (AHP), Preference Ranking Organization Methode for Enrichment Evaluation (Promethee)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:04
Last Modified: 30 Nov 2017 16:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28046

Actions (login required)

View Item View Item