FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU BALITA DALAM KEGIATAN PEMERIKSAAN BALITA GIZI BURUK DI RUMAH GIZI DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG


Khairuz Zakiyah , 6411411142 (2015) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KUNJUNGAN IBU BALITA DALAM KEGIATAN PEMERIKSAAN BALITA GIZI BURUK DI RUMAH GIZI DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411142.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Gizi buruk merupakan masalah gizi pada balita yang harus mendapatkan prioritas penanganan. Dinas kesehatan kota Semarang, salah satu bentuk penanganan terhadap masalah gizi buruk mendirikan rumah pemulihan gizi buruk yaitu Rumah Gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan ibu balita dalam kegiatan pemeriksaan balita gizi buruk di Rumah Gizi Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan penelitian adalah Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu balita yang balitanya diperiksa di Rumah Gizi Dinas Kesehatan. Sampel berjumlah 36 orang. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan variabel yang berhubungan dengan keaktifan kunjungan ibu balita adalah pengetahuan (p=0,024), sikap (p=0,044) dan peran keluarga (p=0,023), sedangkan variabel yang lainnya yaitu tingkat pendidikan (p=0,887), pendapatan perkapita (p=1,000), jarak tempuh (p=1,000) dan praktik petugas kesehatan (p=0,121) tidak terdapat hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gizi Buruk, Ibu Balita, Keaktifan Kunjungan
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 15:31
Last Modified: 30 Nov 2017 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28045

Actions (login required)

View Item View Item