FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA IBU POSTPARTUM (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Subah Kabupaten Batang)


Visca Anindya Faragina , 6411411133 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA IBU POSTPARTUM (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Subah Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411133.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Obesitas terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Obesitas yang terjadi pada ibu postpartum disebabkan berbagai macam faktor. Tujuan penelitian ini untuk meneliti faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian obesitas pada ibu postpartum (Wilayah Kerja Puskesmas Subah). Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu 6 – 12 bulan postpartum yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Subah tahun 2015. Sampel berjumlah 80 orang dipilih secara proportional random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner, timbangan injak, microtoise, recall 24 jam, dan recall kegiatan sehari. Analisis data menggunakan uji chi square dengan p = 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara pendidikan (p = 0,041), aktivitas fisik (p = 0,004), asupan energy (p = 0,003), riwayat keluarga (p = 0,002) dengan kejadian obesitas pada ibu postpartum (Wilayah Kerja Puskesmas Subah). Tidak ada hubungan antara pembarian ASI eksklusif (p = 0,300), pemakaian kontrasepsi hormonal (p = 0,287) dengan kejadian obesitas pada ibu postpartum (Wilayah Kerja Puskesmas Subah). Disarankan kepada ibu postpartum perlu memahami kejadian obesitas dan faktorfaktor yang mempengaruhinya agar dapat melakukan upaya pencegahan obesitas. Serta pihak terkait (Dinas Kesehatan, Puskesmas) perlu memberikan pendidikan gizi pada ibu postpartum dan para remaja sebagai upaya pencegahan obesitas di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor, Obesitas, Ibu Postpartum
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 15:24
Last Modified: 30 Nov 2017 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item View Item