PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BALONGSARI 2 KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA


SRI PURWANINGSIH , 1402908200 (2011) PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BALONGSARI 2 KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BALONGSARI 2 KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD BALONGSARI 2 KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola pembelajaran IPA yang dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri Balongsari Kecamatan Banjarejo masih bergantung pada guru kelas. Kondisi yang demikian menjadikan aktivitas siswa belum optimal dalam upaya memahami materi pelajaran, keterampilan dan kreatifitas guru dalam mengembangkan tehnik pembelajaran yang mudah dipahami masih belum memenuhi harapan. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang baru sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru, respon siswa terhadap pelajaran dan prestasi belajar siswa. Salah pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : ” Apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkatkan respon positif siswa terhadap pelajaran IPA serta meningkatkan prestasi hasil belajar siswa Kelas IV SD Balongsari 2 Kecamatan Banjarejo ?”. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan respon siswa serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Tahapan pelaksanaannya terbagi kedalam 3 siklus dimana masing-masing tahapan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 27 September 2010, Siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2010 dan Siklus 3 dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2010. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mendapatkan data terkini tentang aktivitas siswa, keterampilan guru, disamping itu untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa digunakan lembar tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis pada setiap siklusnya sebagai bahan perencanaan pada siklus berikutnya berikut dengan upaya perbaikan masing-masing indikatornya. Indikator keberhasilan pembelajaran dalam penelitian ini adalah, (1) apabila aktivitas siswa meningkat dengan skor minimal 63 (63%), (2) apabila aktivitas dan inovasi guru meningkat dengan skor minimal 63 (63%), (3) apabila prestasi belajar siswa meningkat dengan skor minimal 63 (63%) dan (4) apabila respon siswa meningkat dengan skor minimal 65 (65%) Hasil penelitian pada Siklus 1 menunjukkan rerata aktivitas belajar siswa adalah 60.52, pada Siklus 2 meningkat menjadi 68,6 dan pada Siklus 3 meningkat lagi menjadi 73,9. Rerata aktivitas guru menunjukkan adanya peningkatan dimana pada Siklus 1 adalah 60,2 %, pada Siklus 2 meningkat menjadi 75 % dan pada Siklus 3 meningkat menjadi 86,7%. Prestasi belajar siswa berdasarkan ketuntasan belajar pada Siklus 1 adalah 56,7 %, pada Siklus 2 menjadi 63,3 % dan pada Siklus 3 meningkat lagi menjadi 86,7%. Respon siswa yang menyukai pelajaran IPA pada Siklus 1 adalah 64,4 %, pada Siklus 2 meningkat menjadi 70 % dan pada Siklus 3 meningkat menjadi 74,4 %. Berdasarkan analisis tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada pembelajaran IPA di Kelas IV SD Balongsari 2 Kecamatan Banjarejo ternyata dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan respon siswa terhadap proses pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Dengan meningkatnya prestasi belajar siswa maka target ketuntasan belajar klasikal dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif, aktivitas siswa, aktivitas guru, respon, prestasi belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 03:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item