HUBUNGAN KEPEMILIKAN SANITASI DASAR DAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA JETAK KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK


Hikmatul Hidayah , 6411411113 (2016) HUBUNGAN KEPEMILIKAN SANITASI DASAR DAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DESA JETAK KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sanitasi lingkungan yang buruk menjadi penyebab utama timbulnya penyakit seperti diare. Diare merupakan masalah kesehatan utama dan penyebab kematian nomer satu pada balita. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan kepemilikan sanitasi dasar dan tingkat pendapatan keluarga dengan kejadian diare pada balita di Desa Jetak Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 347 orang dengan sampel 76 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisis dengan rumus chi square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara kondisi air bersih (p= 0,001), jamban (p=0,002), SPAL (p=0,000) dan tingkat pendapatan keluarga (p=0,008), dengan kejadian diare. Tidak ada hubungan antara sarana pembuangan sampah (p=0,173) dengan kejadian diare. Simpulan penelitian ini ada hubungan antara air bersih, jamban, SPAL, dan tingkat pendapatan keluarga dengan kejadian diare. Peneliti memberikan saran untuk masyarakat Desa Jetak yaitu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara benar dan disiplin agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit, seperti diare.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kejadian Diare, Sanitasi Dasar, Tingkat Pendapatan Keluarga
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 15:02
Last Modified: 30 Nov 2017 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28034

Actions (login required)

View Item View Item