PENERAPAN METODE TF-IDF DAN COSINE SIMILARITY DALAM APLIKASI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM DAGANG


Hirroe Wijaya Ani Kesuma, 5302411174 (2016) PENERAPAN METODE TF-IDF DAN COSINE SIMILARITY DALAM APLIKASI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM DAGANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411174.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) merupakan suatu kitab yang mengatur tentang hukum dagang di Indonesia. Selama ini cara untuk mencari suatu pasal berdasarkan suatu kata kunci hanya beracuan pada kata yang sudah diindekskan di dalam buku, seperti yang terjadi pada Aplikasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) versi Android. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem temu balik informasi (Information Retrieval) pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang yang diharapkan fungsinya lebih baik dari sebelumnya. Alur dari aplikasi ini dimulai dengan tahap preprocessing terhadap dokumen dan query. Proses dilanjutkan dengan pembobotan kata menggunakan metode TF-IDF. Kemudian dilakukan proses pencocokan dan perhitungan kedekatan antara query dengan dokumen pasal menggunakan metode Cosine similarity. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan pengujian diantaranya pengujian Blackbox (untuk menguji sistem), uji pakar, performance measure (untuk menguji kinerja sistem), dan uji korelasi (untuk menguji relevansi hasil). Hasil dari pengujian Blackbox menunjukkan bahwa jumlah kata maksimal yang bisa diinput adalah 4 buah kombinasi kata, dan sistem tidak dapat melakukan pengindeksan kata seperti pada kitab. Sementara itu pengujian pakar dan performance measure menghasilkan 55,04% untuk recall, 63,33% untuk precision, dan 56,93% untuk f-measure. Untuk besarnya hasil uji korelasi adalah 0,71. Secara umum metode TF-IDF dan Cosine Similarity cukup baik untuk diterapkan dalam aplikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Information Retrieval, TF-IDF, Cosine Similarity, pengujian Blackbox, uji pakar, performance measure, Kitab Undang-Undang Hukum Dagang
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:45
Last Modified: 30 Nov 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28024

Actions (login required)

View Item View Item