PENGARUH PENERAPAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ALFABET DI TK PL BERNARDUS SEMARANG (STUDI KASUS : TK PL BERNARDUS TAHUN 2015)


Seti Puji Astuti , 5302411181 (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ALFABET DI TK PL BERNARDUS SEMARANG (STUDI KASUS : TK PL BERNARDUS TAHUN 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411181.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan media CAI (Computer Assisted Instruction) terhadap peningkatan kemampuan mengenal alfabet di TK PL Bernardus Semarang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Pengaruh penggunaan media CAI (Computer Assisted Instruction) terhadap peningkatan kemampuan mengenal alfabet pada anak Penelitian menggunakan jenis penelitian pre eksperimen one group pretest posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B1 di TK PL Bernardus Semarang berjumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan skala penilaian dan dalam menguji validitas instrument menggunakan validitas ahli dan rumus H.J.X Fernandes dalam mengetes reliabilitas instrument. Melalui uji statistic non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon, maka dari hasil penelitian dapat diperoleh Zhitung = -3,333 dengan p value sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 5% maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media CAI (Computer Assisted Instruction) terhadap peningkatan kemampuan mengenal alfabet. Perlu ada penelitian lebih lanjut untuk meneliti aspek – aspek lain yang dikembangkan dengan menggunakan media CAI (Computer Assisted Instruction), namun dengan metode, teknik, srategi serta media yang lain yang dapat memberikan masukan dan temuan – temuan baru khususnya dalam kemampuan mengenal alfabet anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, media CAI (Computer Assisted Instruction), Kemampuan Mengenal Alfabet
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:45
Last Modified: 30 Nov 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28023

Actions (login required)

View Item View Item