EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI PADA KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Dian Khoirun Ni’am , 3201406568 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI PADA KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI PADA KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI PADA KELAS X SEMESTER 1 SMA N 1 PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (864kB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam menciptakan suasana kelas yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan media pembelajaran audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil belajar menggunakan media audio visual dalam pembelajaran Geografi dan bagaimanakah efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran Geografi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana hasil belajar menggunakan media audio visual dan mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran Geografi. Dengan hipotesis penelitian “Hasil belajar menggunakan media audio visual lebih baik dari pada hasil belajar tanpa menggunakan media audio visual dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan pelaksanaan pembelajaran tanpa menggunakan media audio visual.” Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwodadi kabupaten Grobogan. Sebagai sampel diambil satu kelas, yaitu kelas X.b sebagai subyek penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan variabel hasil belajar kognitif yang berupa nilai ulangan harian siswa. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumen, wawancara, observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar menggunakan media audio visual 78,02 sedangkan rerata hasil belajar secara konvensional 69,82 dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan pelaksanaan pembelajaran secara konvensional. Selanjutnya berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 5,934, sedangkan ttabel =2,03. Karena - ttabel ≤ thitung ≤ ttabel, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan hasil belajar posttest dimana hasil belajar posttest lebih tinggi dibanding hasil belajar pretest. Dengan demikian Ha diterima, ini berarti Hasil belajar menggunakan media audio visual pada pembelajaran geografi materi pokok sejarah pembentukan bumi pada siswa kelas X semester I SMAN I porwodadi kabupaten grobogan tahun pelajaran 2010 / 2011 cukup Efektif. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan media Audio visual pada pembelajaran geografi materi pokok sejarah pembentukan bumi pada siswa kelas X Semester I SMAN I Purwodadi termasuk dalam kategori baik jika dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode konvensional. Saran kepada guru geografi di SMAN I Purwodadi Grobogan hendaknya menggunakan media Audio Visual dalam Pembelajaran Geografi materi pokok sejarah pembentukan bumi karena metode ini sangat membantu siswa dalam menerima pelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, audio visual, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 02:51
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item