FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN FAKTOR PERILAKU PENGHUNI RUMAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEKARAN


Dinaravony Krismeandari, 6411411087 (2015) FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN FAKTOR PERILAKU PENGHUNI RUMAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyakit ISPA merupakan masalah kesehatan utama pada balita. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor lingkungan rumah dan perilaku penghuni yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Sekaran. Jenis penelitian adalah cross sectional. Sampel penelitian 95 balita menggunakan teknik simple random sampling. Intrumen penelitian berupa kuesioner, lembar pengukuran, dan rollmeter. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara luas ventilasi kamar tidur balita (p=0,001) dan perilaku batuk anggota keluarga balita (p=0,002) dengan kejadian ISPA pada balita. Variabel kepadatan hunian kamar tidur balita (p=1,000), luas lubang sarana pembuangan asap dapur (p=0,608), kebiasaan merokok anggota keluarga balita (p=0,899), dan perilaku membakar sampah (p=1,000) tidak ada hubungan dengan kejadian ISPA pada balita di Puskesmas Sekaran. Kesimpulan adalah ada hubungan antara luas ventilasi kamar tidur balita dan perilaku batuk anggota keluarga balita dengan kejadian ISPA pada balita. Saran yang diajukan adalah membuka jendela dan pintu kamar setiap hari, serta berperilaku batuk secara benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Perilaku, ISPA, Balita
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:09
Last Modified: 30 Nov 2017 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item