IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN PERKIRAAN CUACA ACCUWEATHER DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JENIS TANAMAN SAYUR


Tino Yunus , 5302411157 (2016) IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN PERKIRAAN CUACA ACCUWEATHER DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JENIS TANAMAN SAYUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411157.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sayur merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura. Sayur juga merupakan sumber asupan vitamin dan mineral bagi tubuh manusia. Untuk mencukupi kebutuhan sayur masyarakat, kesuksesan panen petani sayur perlu di perhatikan. Faktor yang mempengaruhi kesuksesan panen tersebut adalah kesuburan tanaman sayur. Setiap jenis tanaman sayur memiliki karakteristik tumbuh yang berbeda, sehingga pemilihan jenis tanaman sayur yang akan di tanam harus disesuaikan dengan keadaan tanah yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jenis tanaman sayur. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Proses implementasi menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perhitungan kecocokan. Aplikasi ini juga mengambil data suhu dari perusahaan penyedia layanan perkiraan cuaca yaitu Accuweather. Tahap pengujian dilakukan dalam rangka melakukan validation pada perangkat lunak. Proses validation dilakukan dengan black-box testing, uji validasi materi, dan uji pengguna. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jenis tanaman sayur berbasis website. Menu yang terdapat dalam aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jenis sayur antara lain : cara pakai aplikasi, rekomendasi tanam, panduan bertanam, dan tentang aplikasi. Aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jenis tanaman sayur juga di lengkapi dengan halaman admin yang berfungsi untuk menambah jenis sayur baru dan mengedit bobot untuk perhitungan SAW dan memanipulasi data sayur. Hasil pengujian dari sistem aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan jenis tanaman sayur untuk hasil pengujian perhitungan aplikasi sama dengan hasil perhitungan manual, sedangakan untuk uji pengguna mendapatkan hasil sangat baik dengan tingkat kelayakan 95%, dan unutuk uji materi menunjukan hasil sangat baik dengan tingkat kelayakan 88.24%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK),Simple Additive Weighting (SAW), Accuweather, Sayur.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:33
Last Modified: 30 Nov 2017 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item