EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 1 BAWEN.


Novita Tri Utami , 5302411155 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 1 BAWEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411155.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran TIK pada siswa kelas VII B SMP N 1 Bawen cenderung berpusat pada guru, terutama pada pembelajaran teori dalam kelas. Hal ini mengakibatkan keaktifan dan minat belajar siswa masih tergolong dalam tingkatan sedang belum mencapai tingkatan tinggi, yaitu keaktifan belajar siswanya65% sedangkan minat siswanya adalah 51%.. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan agar dapat mengetahui keaktifan dan mengetahui minat belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaranpicture and pictureuntuk pembelajaran materi menu dan shortcut program aplikasi pada siswa kelas VII B SMP N 1 Bawen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keaktifan dan minat siswa, melalui penerapan metode pembelajaranpicture and picture. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol (VII C) dan kelas eksperimen (VII B). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Bawen. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik metode pengumpulan data menggunakan obsevasi,angket atau kuesioner dengan alat pengumpulan data berupa skala keaktifan dan minat belajar siswa. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikan 5% dan analisis reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis uji Normalitas, uji Homogenitasdan analisis uji- t. Hasil penelitian menunjukkan terjadi keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 71% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrolyang hanya 57%. Hasil uji-t menunjukkan bahwa -ttabel>2,788> ttabel(ttabel=2,042) , artinya terjadi perbedaan hasil data antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Terjadi pula peningkatan minat pada kelas eksperimen sebesar 51% menjadi 71% dibandingkan kelas kontrol ang sebelumnya 51% menjadi 57%. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat keaktifan dan tingkat minat belajar siswa mencerung dikategorikan baik setelah menggunakan metode pembelajaranpicture and picture dalam proses pembelajaran TIK. Disarankan guru kelas VII B SMP N 1 Bawen dapat menerapkan metode pembelajaran picture and picturedalam kegiatan pembelajaran TIK untuk mengetahui tingkatan keaktifan dan minat belajar siswa pada materi bahasan menu dan shortcut program aplikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, minat siswa dan metode pembelajaran picture and picture
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:33
Last Modified: 30 Nov 2017 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28006

Actions (login required)

View Item View Item