IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII SMP N 2 BATANG


Yossi Norma Arbiyanti , 5302411128 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII SMP N 2 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP N 2 Batang diketahui bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran yang berdampak pada hasil dan ketuntasan belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya peningkatan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran TIK dengan menerapkan metode pembelajaran Inside-outside Circle (IOC). Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan model desain Pretest-posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan analisis data hasil penelitiannya menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest kelas VIII C (kelas eksperimen) 57,22 dan nilai rata-rata posttest 75,09, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 17,87. Sedangkan untuk kelas VIII D (kelas kontrol) nilai rata-rata pretest 54,11 dan nilai rata-rata posttest 67,50, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 13,39. Persentase ketuntasan belajar didapatkan hasil 54% siswa yang tuntas KKM pada kelas C (kelas eksperimen) dan 19% siswa yang tuntas KKM pada kelas D (kelas kontrol) yang berarti terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 35%. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inside-outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP N 2 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inside-outside Circle, hasil belajar, belajar tuntas
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:30
Last Modified: 30 Nov 2017 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28005

Actions (login required)

View Item View Item